Mengenal manfaat dan kandungan senyawa dari pala yang baik untuk kesehatan dan kecantikan

Hay sahabat fumy,

Taukah anda apa tanaman pala itu? Pala merupakan buah yang kegunaannya seperti rempah dan sering dijadikan sebagai bumbu dapur untuk menyedapkan masakan. Ukuran buah ini cukup kecil dengan warna kuning pada bagian luarnya. Sekilas, buah ini lebih mirip seperti duku. Baunya juga sangat khas rempah-rempah.

Buah pala merupakan buah yang langka dan tidak mudah untuk ditemukan di semua daerah di Indonesia. Anda hanya akan menemukan buah ini di daerah penghasilnya saja. Namun siapa sangka dibalik bentuknya yang unik selain untuk penambah cita rasa masakan ternyata buah pala juga bisa untuk kesehatan dan kecantikan.

Buah pala mengandung kalori, protein, lemak, karbohidrat, zat samak, zat pati, saponin, scolopetin, miristisin, elemisi, enzim lipase, pectin, limonene, zat besi, kalsium, vitamin A, B1, dan juga C. Selain berfungsi untuk bumbu dapur atau penambah rasa pada makanan, buah pala juga memiliki manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Agar kita tidak salah paham dalam memahami manfaat buah pala ini mari kita jelaskan secara rinci dan jelas tentang manfaat buah pala tersebut

Berikut manfaat buah pala yang baik untuk kesehatan kita diantaranya:

1. Obat masuk angin

Khasiat pala untuk anda yang terkena masuk angin adalah sebagai obat pereda penyakit ini. Minyak atsiri pada buah ini bisa menjadi senyawa penyembuh untuk sakit masuk angin. Caranya dengan merebus buah pala lalu meminum air rebusannya.

2. Mengatasi insomnia

Insomnia adalah penyakit yang menyerang kenyamanan istirahat anda. Penyakit ini menyebabkan anda tidak bisa tidur sehingga akan mengganggu kesehatan anda. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan manfaat pala untuk mencegah insomnia.

3. Peningkat nafsu makan

Khasiat pala yang selanjutnya yaitu sebagai makanan yang dapat meningkatkan nafsu makan. Buah ini mengandung enzim lipase yang bisa mendorong tubuh untuk makan lebih banyak. Buah ini sangat cocok diberikan kepada anak anda yang memiliki nafsu makan yang kurang.

4. Pelancar pencernaan

Enzim lipase dalam buah pala juga berperan untuk membuat pencernaan anda menjadi lancar. Sistem pencernaan memerlukan nutrisi yang baik untuk membantu mengolah makanan yang masuk ke dalam tubuh dengan sempurna.

5. Mengatasi muntah

Khasiat pala sebagai antiemetik berguna untuk mengatasi muntah yang disebabkan oleh rasa mual. Itulah kenapa buah ini sering dijadikan obat untuk orang yang mabuk ketika berkendara dengan mobil atau bus.

6. Mengobati nyeri

Satu lagi fungsi antimetik pada buah pala yaitu sebagai obat pereda nyeri. Bagi anda wanita yang sering mengalami kram atau nyeri perut saat datang bulan, anda bisa mencoba buah ini sebagai pereda nyeri perut.

7. Menyembuhkan asam lambung

Manfaat pala untuk lambung yaitu menetralkan asam lambung yang  terlalu tinggi. Asam lambung yang tinggi adalah penyebab utama anda mengalami gejala penyakit maag. Zat saponin dalam buah ini bisa meredakan asam lambung yang berlebihan.

8. Penghilang rasa sakit

Khasiat pala untuk anda yang sering merasakan sakit di bagian tubuh tertentu adalah dengan cara meredakannya. Buah ini memiliki kandungan mentol yang mampu menghilangkan rasa sakit akibat cedera atau peradangan.

9. Menjaga kesehatan otak

Kesehatan otak dapat anda jaga dengan mengonsumsi buah pala yang mengandung miristin. Senyawa ini adalah salah satu senyawa yang baik untuk menyehatkan otak dan membantu meningkatkan fungsi otak.

10. Mengatasi racun dalam tubuh

Manfaat pala sebagai detoksifikasi adalah membuang racun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Buah ini bisa membersihkan racun yang mengendap pada organ tubuh anda. Hasilnya, organ tubuh anda akan terhindar dari bahaya penyakit kronis.

Selain 10 manfaat yang sudah dijelaskan diatas,  ternyata masih ada manfaat lainnya yang perlu kita ketahui, diantaranya:

11. Menyehatkan rongga mulut.
12. Mengatasi leukimia.
13. Membuat kulit sehat.
14. Memperlancar peredaran darah.
15. Mengontrol tekanan darah.
16. Membuat tulang lebih sehat.
17. Meningkatkan imun.
18. Mencegah anemia.
19. Obat diabetes.
20. Menyehatkan mata.
21. Mencegah bahaya atau efek radikal bebas.
22. Obat sakit gigi.
23. Penghasil energi untuk tubuh.
24. Penghilang stress.
25. Mengatasi bau badan.
26. Obat influenza.
27. Mencegah hepatitis.
28. Obat masuk angin.
29. Mengatasi rematik.
30. Anti oksidan.

Selain untuk kesehatan tubuh ternyata buah pala juga memiliki khasiat yang lain,  salah satunya yaitu untuk kecantikan kita.

Berikut manfaat buah pala untuk kecantikan:

1. Mencerahkan kulit

Karena memiliki beragam manfaat, minyak pala seringkali ditemukan dalam kandungan produk pembersih wajah atau pelembap. Anda juga bisa menggunakan minyak pala kemudian melakukan pijatan pada wajah. Selain itu, anda juga bisa mencampurkannya dengan produk yang anda gunakan saat ini untuk memperoleh kulit yang cerah dan sehat.

2. Mengatasi jerawat

Kandungan antimikroba dan anti peradangan di dalam pala menjadikannya sebagai bahan aktif guna mengatasi jerawat dan menyamarkan noda bekas jerawat. Caranya, campurkan pala, susu, dan madu menjadi satu. Kemudian, aplikasikan ke wajah dan lakukan pemijatan selama beberapa menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat.

3. Mengurangi keriput

Pala juga mengandung bahan aktif anti penuaan. Minyak pala dapat dimanfaatkan untuk membantu mencegah munculnya garis-garis halus dan keriput pada kulit. Campurkan satu sendok teh madu, satu sendok makan yoghurt tawar, satu sendok teh sari lemon, sejumput kayu manis bubuk, dan sejumput pala bubuk. Kemudian, aplikasikan pada kulut layaknya masker.

4. Menguatkan dan menyehatkan rambut

Minyak pala juga ternyata kerap digunakan sebagai formula dalam berbagai produk perawatan rambut. Selain itu, anda juga bisa mencampurkannya dengan sampo atau kondisioner yang anda gunakan saat ini untuk memperoleh rambut berkilau, kuat, dan sehat.

5. Menebalkan rambut

Minyak pala pun tidak hanya bermanfaat untuk memperoleh hasil rambut yang kuat dan sehat, namun juga mencegah kerontokan rambut dan meningkatkan volume rambut. Yang harus anda lakukan adalah aplikasikan beberapa tetes minyak pala dan lakukan pemijatan pada rambut.

Itulah beberapa manfaat dari buah pala yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan kita dalam menjaga kesehatan tubuh. Salam sehat dari fumy.

Fumy Herbal-Alam memilih tumbuhan pala sebagai salah satu Kandungan senyawa hebat yang ada di dalam produk WEDANG REMPAH SEWU RASA yang diracik Fumy herbal-alam sebagai salah satu komposisinya. Untuk informasi dan konsiltasi produk dan pembelian bisa langsung hubungi WA 087858675335 

#fumyherbalalam #sehatalami #herbal #hidupsehat #herbaltradisional
#wedangrempahsewurasa #wedangrempahsewurasa #rempahrempah #herbaltradisional #wedanguwuh #ilovetrenggalek #trenggalekhits #jamutradisional #jamuindonesia

Write a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *