17 manfaat daun bawang yang baik untuk kesehatan atau kecantikan dan cara pengolahannya

Hay sahabat fumy,

Daun bawang memiliki nama latin yaitu Allium Fistulosum. Daun bawang merupakan jenis tanaman yang bisa dikategorikan untuk sayur, namun untuk keberadaan daun bawang sendiri banyak dimanfaatkan oleh masyarakat di indonesia untuk berbagai tujuan. Daun bawang ini memiliki bau yang khas yang sangat cocok untuk digunakan sebagai penambah bumbu dalam masakan.

Daun bawang ini memiiki dua jenis, seperti daun bawang prei atau leek dan daun bawang bakung atau daun bawang semprong. Daun bawang semprong ini memiliki umbi kecil, berdaun bulat. Dan daun bawang prei tidak memiliki umbi tapi memiliki daun yang agak memanjang. Secara fisik memang sangat berbeda akan tetapi memiliki aroma dan kandungan yang sama dan juga sama-sama bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Tanaman ini mempunyai kandungan vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, Protein, Zat besi, Karbohidrat, Kalori, Potassium, Kalsium, Asam folat, Lemak yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Yang paling mengesankan dari daun bawang adalah sangat minim akan efek samping ketika dikonsumsi. Dan juga sangat mudah mengolahnya untuk menjadikanya sebagai obat. Mulai dari memakannya langsung atau dengan memotong kecil-kecil dan dicampur dalam sayur, atau dengan cara merebusnya atau membuatnya jus.

Cara membuat obat herbal dengan daun bawang dengan merebus :

  • Ambil beberapa lembar atau beberapa biji daun bawang kemudian kamu cuci hingga bersih agar tidak ada tanah yang masih menempel.
  • Buang bagian daun yang sudah menguning atau sudah tua.
  • Kamu bisa memotongnya daun tersebut menjadi kecil-kecil.
  • Selanjutnya siapkan air putih sebanyak 3 hingga 4 gelas.
  • Lalu masukkan ke dalam panci pemanas begitu juga dengan daun yang sudah kamu potong kecil-kecil.
  • Diamkan hingga air benar-benar mendidih dan tinggal menyisakan 1 gelas air saja.
  • Kemudian tuangkan ke dalam gelas dan tunggu hingga hangat.
  • Kamu bisa mencampurnya dengan gula batu atau dengan madu murni atau bahan alami lainnya tergantung pada selera dan juga penyakitnya.
  • Kamu bisa mengkonsumsinya setidaknya 1 hingga 2 gelas dalam satu hari, dan daun ini sangat aman untuk dikonsumsi.

Selanjutnya kamu bisa juga dengan mengolahnya menjadi jus sayuran daun bawang. Jika kamu tidak terlalu suka dengan aroma daunnya kamu bisa mencampurnya dengan bahan alami lainnya agar aroma yang ditimbulkan dari daun tersebut tidak terlalu menyengat.

Cara membuat jus dari daun bawang :

  • Ambil beberapa daun bawang yang sudah kamu cuci bersih dan cukup untuk satu gelas saja.
  • Kamu bisa memotongnya hingga menjadi beberapa bagian agar lebih memudahkan untuk memblendernya.
  • Kemudian masukkan ke dalam blender begitu juga dengan bahan alami lainnya, seperti jeruk nipis, dan lain-lain.
  • Kemudian blender daun tersebut hingga menjadi lembut.
  • Lalu tuangkan ke dalam gelas, dan siap untuk kamu minum.

Berikut macam-macam manfaat daun bawang yang baik untuk kesehatan dan kecantikan, diantaranya:

1. Menyedapkan masakan

Terkadang ada beberapa masakan jika tanpa adanya daun bawang akan terasa sangat hambar. Jadi manfaat dari daun ini akan menambah kelezatan dari sebuah masakan. Karena daun ini memiliki rasa dan juga aroma yang sangat khas.

2. Meningkatkan sistem imun

Hanya dengan mengkonsumsi daun bawang baik kamu buat menjadi jus atau memakannya secara langsung mampu membangun sistem kekebalan tubuh. Jadi ketika kamu sering mengkonsumsinya setiap hari maka akan memberikan kekebalan pada tubuh kamu, dan tidak menjadi mudah atau rentan terhadap berbagai macam penyakit.

3. Menyehatkan mata

Tidak hanya pada wortel saja kamu menemukan vitamin A yang cukup tinggi. Akan tetapi daun bawang juga memiliki kandungan vitamin A yang juga tinggi. Dan ini sangat baik bagi orang yang sudah tua untuk mengembalikan kesehatan dan fungsi mata menjadi normal kembali.

4. Menyehatkan tulang

Zat besi dan juga kandungan seperti vitamin K akan membantu menyehatkan dan menguatkan tulang. Jadi tidak hanya untuk anak-anak saja manfaatnya yang membantu untuk pertumbuhan tulang. Tetapi untuk orang yang sudah tua justru akan mencegah timbulnya pengeroposan pada tulang.

5. Mengobati anemia

Produksi darah dalam tubuh yang kurang bisa mengakibatkan anemia dan kamu bisa mengembalikan produksi darah dalam tubuh dengan mengkonsumsi daun bawang. Karena daun ini memiliki kandungan zat besi dan juga ferroportin yang mampu meningkatkan produksi darah dalam tubuh.

6. Menyehatkan jantung

Fungsi dari kandungan yang ada di dalam daun bawang akan membantu melancarkan peredaran dari yang ada di dalam tubuh. Dengan demikian akan mencegah terjadi sakit jantungan dan bahkan serangan jantung. Dan kandungan di dalamnya yang bernama polisulfida akan melindungi jantung agar tetap sehat.

7. Menurunkan kolesterol

Manfaat dari daun bawang lainnya adalah menurunkan kadar lemak atau kolesterol yang ada di dalam tubuh. Dan setidaknya daun ini akan berfungsi untuk menormalisasi kadar kolesterol. Karena jika kolesterol terlalu tinggi bisa mengakibatkan serangan jantung dan juga darah tinggi.

8. Baik untuk perkembangan janin

Daun bawang ini memberikan manfaat yang cukup besar terturama bagi ibu hamil. Hal ini dikarenakan kandungan asam folat yang cukup tinggi yang ada di dalam daun bawang akan membantu menyehatkan janin dan juga akan meningkatkan kecerdasan otak. Konsumsi saja daun bawang setiap harinya, agar bayi kamu nantinya akan menjadi anak yang cerdas.

9. Membantu sistem pencernaan

Jika kamu mengalami susah BAB dan terkadang sering merasa sembelit, kamu bisa mengkonsumsi daun bawah setiap harinya. Hal ini akan melancarkan BAB dan mendapatkan siklus secara teratur setiap paginya. Dengan demikian akan mencegah timbulnya bakteri yang ada di dalam tubuh.

10. Mengobati cacingan

Penyakit ini sangat banyak terjadi pada anak-anak, dan untuk mengobatinya kamu bisa memberikan jus pada mereka yang sudah dicampur dengan susu atau bahan alami lainnya yang mereka suka. Dan kandungan yang ada di dalam daun tersebut akan membunuh cacing yang ada di dalam perut.

11. Mengobati diabetes

Tidak hanya mencegah diabetes tetapi juga akan mengobatinya, tinggal kamu konsumsi saja setiap harinya setidaknya pagi dan malam hari. Untuk campurannya kamu harus hindari yang manis seperti gula batu. Atau lebih baik jika kamu mengkonsumsinya secara natural tanpa adanya campuran.

12. Mencegah insomnia

Kandungan yang ada di dalam daun bawang ini memberikan aroma yang sangat khas. Dan terkadang akan memberikan efek menenangkan. Jadi ketika kamu mengkonsumsi daun tersebut ketika malam hari maka akan mencegah insomnia atau susah tidur pada malam hari.

13. Daun bawang untuk kecantikan

Selain untuk mengobati beragai macam penyakit seperti di atas, daun bawang juga sangat berkhasiat untuk perawatan kecantikan, mulai dari rambut hingga kulit kamu. Untuk cara mengolahnya kamu juga bisa minum air rebusan atau membuatnya menjadi jus yang harus kamu konsumsi setiap harinya. Atau dengan cara membuatnya mejadi lulur mandi atau menjadi masker untuk kulit wajah.

14. Mencerahkan dan memutihkan kulit

Dengan cara menumbuk daun bawang hingga menjadi lembut, baik hanya menggunakan daun bawang saja atau mencampurnya dengan bahan alami lainnya, maka akan menyehatkan kulit kamu. Dan jika kam menggunakannya setidaknya 3 kali dalam seminggu maka akan membuat kulit tubuh dan kulit wajah kamu menjadi lebih cerah dan putih berseri.

15. Mencegah penuaan dini

Jika kamu secara rutin menggunakan lulur atau masker wajah yang berbahan utama dari daun bawang maka akan menjadi timbunya keriput pada kulit kamu. Hal ini karena kandungan vitamin dan zat positif yang ada di dalam daun bawang akan membantu mencegah keriput yang terjadi pada kulit. Jadi kebutuhan nutrisi pada kulit akan semakin tercukupi dengan menggunakan daun ini.

16. Mencegah timbulnya jerawat

Vitamin C yang ada di dalam daun bawang akan membunuh bakteri penyebab jerawat yang ada di wajah. Kamu bisa saja mencampurnya dengan menggunakan air perasan jeruk nipis atau menggunakan madu murni untuk melengkapi kandungan yang ada di dalam daun tersebut. Minimal 3 kali dalam seminggu untuk mencegah timbulnya jerawat di kulit wajah kamu.

17. Menyehatkan rambut

Dengan tercukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit kepala maka akan membantu merangsang tumbuhnya rambut baru dan juga akan mencegah kerontokan pada rambut. Selain itu daun bawang juga akan membuat rambut kamu lebih terlihat berkilau.

Demikianlah 17 manfaat yang terdapat pada duan bawang yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga informasi yang penting ini dapat menjadi bekal anda untuk hidup lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Salam sehat dari fumy.

Daun bawang ini juga terdapat dalam ramuan rempah yang ada di dalam produk WEDANG REMPAH SEWU RASA yang diracik Fumy herbal-alam sebagai salah satu komposisinya. Untuk informasi dan konsiltasi produk dan pembelian bisa langsung hubungi WA 087858675335 

#fumyherbalalam #sehatalami #herbal #hidupsehat #herbaltradisional
#wedangrempahsewurasa #wedangrempahsewurasa #rempahrempah #herbaltradisional #wedanguwuh #ilovetrenggalek #trenggalekhits #jamutradisional #jamuindonesia

Write a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *